Menggali dan Mengoptimalkan Potensi Diri

12:49 PM Faris 1 Comments




Menggali dan mengoptimalkan potensi diri, itulah tema Motivation Day kali ini, Jumat, 18 September 2015. Dalam acara tersebut, sekolah mengundang salah satu motivator, yakni Nindia Nurmayasari atau anak-anak sering menyebutnya Kak Maya. Beliau adalah salah satu praktisi pendidikan anak, pengajar creative writing di berbagai sekolah, story teller (pencerita), dan penulis beberapa buku dongeng anak dan buku tata cara berhijab. Beliau pernah belajar di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya, tak heran bahwa beliau juga bisa memahami karakter anak. Selain bekerja, beliau juga berkarya menulis beberapa buku anak dan buku tentang berhijab, yang mana buku berhijab tersebut banyak diminati oleh masyarakat. Tentunya beliau tidak hanya membuat satu buku, tetapi beliau menulis lebih dari 8 buku. Buku beliau tersebut ada yang sudah diterbitkan dan kini buku tersebut sudah beredar di toko buku, khususnya toko buku Gramedia, Surabaya. Diantara buku-buku karya beliau adalah Hijab Goes To Campus edisi pertama dan kedua, Hijab For Teen edisi pertama dan kedua, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pada pertemuan Motivation Day kali ini, Kak Maya selaku pembicara membahas mengenai bagaimana cara kita menggali dan mengoptimalkan potensi diri, khususnya mulai dari saat ini.  Sebelum beliau menerangkan bagaimana cara menggali dan mengoptimalkan potensi diri, beliau bertanya pada murid-murid SMP Muhammadiyah 12 GKB ini. Pertanyaan beliau sangat singkat dan terlihat mudah, yaitu bagaimana cara kita mencari potensi yang ada di dalam diri kita? Kak Maya memberikan satu kata kunci yaitu harus tahu kekuatan (kelebihan) dan kekurangan kita. Lalu beliau menyuruh beberapa siswa dan siswi untuk mengangkat tangan. Tak lama kemudian, salah satu siswi dari kelas 8F yang bernama Jasmin menjawabnya dengan rajin berlatih. Akan tetapi, Kak Maya merasa jawaban tersebut kurang tepat dan mencari murid lain untuk menjawab. Iqbal Mahendra, begitulah namanya. Ia mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan tersebut. “Kita harus fokus kepada kelebihan dan terus mengasah kemampuan kita agar nantinya tidak malah menjadi kekurangan kita”, begitulah ungkapannya saat menjawab di depan para siswa-siswi. Kak Maya merasa jawaban tersebut lebih mendekati. Oleh karena itu, beliau lalu memberinya hadiah buku Hijab For Teen karya beliau. Iqbal merasa senang dan menunjukkan buku tersebut pada teman-temannya.
Selain itu, beliau juga bertanya, apa perbedaanya antara orang yang sukses dan orang yang mulia. Karena tak ada satupun anak yang mau menjawab, ia lantas menerangkan bahwa sukses hanya untuk pribadi atau diri sendiri, sedangkan mulia lebih dari itu, mulia bisa memberi manfaat bagi orang lain. Beliau lantas menggabungkan keduanya sehingga terungkit kesimpulan, bahwa kita harus bisa menjadi orang yang sukses serta mulia dan dari itu kita harus bisa menjadi orang yang berhasil (sukses) sekaligus dapat mengamalkannya kepada orang lain (mulia). Beliau meyakini bahwa setiap perkataan dan doa bila dilakukan dengan sungguh-sungguh akan terkabul. Beliau juga mengakui bahwa setiap orang berhak atas keistimewaannya karena kita semua adalah khalifah (wakil allah). Maksudnya, setiap orang mempunyai keunikan atau ciri khas yang membedakan mereka. Menurutnya, dalam menggali potensi diperlukan percaya dari diri sendiri (PD). “Jikalau minder, dalam meraih cita-citapun akan sulit”, begitulah nasehat beliau.
Banyak contoh yang menjadi dasar kita dalam mencari potensi diri. Salah satunya adalah kisah Hee Ah, gadis cacat yang pandai bermain piano. Alkisah di negeri gingseng, ibu dari Hee Ah terkejut saat mengandung akan informasi dari dokter kandungan bahwa anak yang dikandungnya mengalami kecacatan. Kemudian dokter tersebut menyarankan bayi yang dikandungnya dikuburkan saja, agar nantinya tidak memberatkan orang tuanya. Akan tetapi Ibu Hee Ah menolak, tidak lain karena ibunya masih sangat menyayanginya meskipun ia cacat. Tak lama kemudian, seorang dokter mengatakan bahwa bayi yang dikandungnya normal, tidak cacat. Hal tersebut membuat Ibu Hee Ah merasa lega. Akan tetapi setelah Hee Ah lahir, ibunya kembali terkejut lantaran buah hatinya tersebut tidak memiliki jari yang lengkap, layaknya bayi normal. Dokter mendiagnosa bahwa Hee Ah menderita sindrom capit kepiting. Ia tidak berniat untuk menguburkan bayi kesayangannya tersebut, ia menganggap bahwa bayinya adalah manusia yang butuh kasih sayang untuk hidup sepertinya. Keanehanpun mulai terjadi lagi saat menjadi anak-anak, sifat serta perilakunya berbeda dari anak normal kebanyakan. Dokter mendiagnosa bahwa Hee Ah menderita down syndrome atau sering disebut keterbelakangan mental (autis). Meskipun Hee Ah menderita 2 syndrome, ibunya tetap setia mendampingi serta menyayangi layaknya anak normal kebanyakan. Ibunya lantas mencari cara untuk membuat anaknya berbeda dari yang lain. Ia terus memikirkan cara agar potensi terpendam anaknya terkuak. Akhirnya ia menemukan potensi anaknya saat ia melihat anaknya yang suka untuk mendengarkan musik. Ia melihat bahwa kebiasaan itu adalah permulaan awal pengembangan potensi anaknya. Ibunya mendukung mengeksplorasian potensi tersebut. Tak heran, setelah belajar piano cukup lama, jerih payah Hee Ah dan ibunya berbuah manis. Ia menjadi pianis terkenal. Ia pernah mengunjungi beberapa negara untuk menampilkan aksinya, termasuk Indonesia. Orang tua kini merasa sangat senang atas prestasi yang diraih buah hatinya tersebut. Dari cerita tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan mengetahui kebiasaan atau hobby kita, kita dapat mengetahui potensi apa yang kita miliki. Selain itu, kisah tersebut dapat kita jadikan sebagai spirit (semangat) dan motivasi dalam maju untuk sukses.
Dalam acara itu pula Kak Maya selaku motivator memberikan pendapatnya tentang cara menggali dan mengoptimalkan potensi diri. Ia memberikan 4 rahasia dalam menggali dan mengoptimalkan potensi dalam diri kita.
Pertama, kita harus bisa mengenali diri sendiri. Maksudnya, kita harus mengerti siapa sebenarnya diri kita. Dalam mengenali diri sendiri kita harus mengetahui poin-poin terpenting. Salah satu poin tersebut ialah kita harus mengetahui kekuatan dan kelemahan diri kita. Kita bisa mengetahui dengan cara melihat karakter diri sendiri serta bertanya kepada orang-orang terdekat tentang karakter pribadi kita.
Kedua, menentukan impian dan tujuan hidup kita. Setiap manusia di dunia pasti memiliki tujuan. Fungsi tujuan sebenarnya adalah mengarahkan kehidupan kita supaya lebih sesuai dan terarah. Dengan demikian, kita akan memiliki semangat, percaya diri, serta pendirian dalam mencapai harapan hidup.
Ketiga, memiliki mimpi setinggi langit. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meraih mimpi, salah satunya adalah dengan resep sukses ala Kak Maya. Kak Maya menuliskan impian serta harapan hidupnya di kertas atau buku khusus. Beliau menuliskannya tidak lain agar selalu ingat akan impian sehingga akan bisa mendorong semangatnya dalam meraih mimpi tersebut.
Ketiga, memiliki motivasi. Baginya, motivasi adalah energi pendorong dari dalam. Maksudnya, dengan memiliki motivasi keinginan kita akan lebih cepat tercapai. Yang perlu diingat adalah motivasi selalu berbanding lurus dengan tujuan. Diharapkan dengan adanya motivasi tujuan atau harapan kita akan lebih jelas.
Keempat, punya alasan yang jelas. Dalam menentukan impian, kita harus memiliki alasan. Alasan tersebut berfungsi menentukan impian mana yang sekiranya sesuai dengan diri kita. Sama halnya dengan Kak Maya, beliau menulis buku bertemakan hijab tidak lain karena ia ingin memberikan inspirasi serta inovasi kepada masyarakat. “Hijab itu enak, keren, nyaman, tidak panas, dan yang terpenting aurat kita akan tetap terjaga”, begitulah alasannya.
Kelima, berpikir positif. Dengan berpikir positif, kita akan melakukan sesuatu tidak dengan pesimis. Akan tetapi, kita harus bertindak dan melangkah dengan optimis bahwa apa yang kita lakukan akan berhasil sesuai dengan jerih payah dan usaha kita.
Akhir kata, beliau memberikan kunci sukses sebenarnya. Beliau mengadaptasi dari motivasi Nick Vujicic, inspirator yang sukses dan memiliki keterbatasan. Pertama, harus optimis dan semangat. Kedua, percaya pada tuhan bahwa apa yang diberikannya adalah yang terbaik. Ketiga, bertekat mengejar mimpi dan mengesampingkan keterbatasan. Keempat, memiliki tekad bahwa tidak ada yang bisa menghalangi. Kelima, membayangkan kita akan bisa mengatasi berbagai persoalan dalamhidup kita. Diharapkan, dengan menerapkan kelima kunci sukses tersebut kita dapat lebih semangat dan optimis dalam meraih cita-cita kita.



1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete